KONSEP DAN IMPLIKASI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP INOVASI PENDIDIKAN ISLAM

  • Dainuri Dainuri Institut KH. Abdul Chalim Mojokerto
  • Abd Haris Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Filsafat pendidikan Pendidikan Islam selain bersifat teoritik juga realistik yang dapat diwujudkan dalam tingkah laku dan mudah di transformasikan dalam  kehidupan. Dengan demikian, filsafat pendidikan Islam melampaui hal-hal dan nilai- nilai yang selalu bersifat absolut. Konsep dan prinsip yang menjadi landasan bagi  pelaksanaan pendidikan selalu dikritisi dan dievaluasi, disinilah filsafat pendidikan Islam berfungsi sebagai norma Pendidikan. Filsafat pendidikan islam  merupakan aplikasi ide-ide filsafat dalam pendidikan mengandung nilai-nilai esensial yang mengarahkan pada tujuan-tujuan dan pelaksanaan pendidikan Agama Isam dan berimpilkasi pada inovasi pendidikan Islam. Filsafat pendidikan Islam secara umum akan mengkaji berbagai masalah yang terdapat dalam bidang pendidikan, mulai dari visi, misi, tujuan pendidikan, dasar-dasar dan asas-asas pendidikan Islam, konsep manusia, guru, anak didik, kurikulum, dan metode pembelajaran sampai dengan evaluasi dan inovasi dalam pendidikan secara filosofis

Published
Apr 1, 2022
How to Cite
DAINURI, Dainuri; HARIS, Abd. KONSEP DAN IMPLIKASI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP INOVASI PENDIDIKAN ISLAM. Al-Thiqah : Jurnal Ilmu Keislaman, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 31-45, apr. 2022. ISSN 2685-9467. Available at: <http://ejurnal.stiuda.ac.id/index.php/althiqah/article/view/63>. Date accessed: 14 aug. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.56594/althiqah.v5i1.63.
Section
Articles