Persaudaraan Universal Perspektif KH Abdurrahman Wahid dan Implikasiya Terhadap Keberagaman di Indonesia

(Studi Penafsiran Q.S al-Anbiya’: 107 dalam Buku Islamku, Islam Anda, Islam Kita)

  • Abd Muin Sekolah Tinggi Agama Islam Syaichona Kholil Bangkalan, Indonesia
  • Islamiyah Islamiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Syaichona Kholil Bangkalan, Indonesia
  • Mutmainah Mutmainah Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Darussalam Bangkalan, Indonesia

Abstract

Perpecahan dan disintegrasi yang mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dilatar belakangi oleh perdebatan, intoleransi dan kaum ekstrimis. Mengharuskan kaum cendikiawan melakukan obsersavi dan penulurusan atas teks-teks suci Al-Qur’an dan berbagai penafsiran dalam rangka menggali dan mengenalkan Islam rahmah dan ramah. Kerja intelektual seperti ini sangat dibutuhkan bukan hanya demi nama baik Islam, tapi demi keselamatan dan perdamaian antar pemeluk agama dan kepercayaan di Indonesia dan dunia.


Melalui kajian pustaka dengan metodologi kepustakaan yang bersumber dari buku Islamku Islam Anda Islam Kita, beserta berbagai tulisan-tuisan KH Abdurrahman Wahid di berbagai esai dan kolom yang ada di buku bunga rampainya. Penulis menentukan KH Abdurrahman Wahid sebagai tokohnya dan ayat al-Anbiya’ 107 sebagai objek formalnya kemudian mengkajinya secara deskriptif analitis. Tujuan penelitian ini adalah  mengetahui analisis penafsiran KH Abdurrahman Wahid terhadap ayat 107 al-Anbiya’, relevansi dan implikasinya terhadap kehidupan sosial-georafis masyarakat Indonesia.


Hasil temuan penulis. Pertama, KH Abdurrahman Wahid tidak menfsirkan rahmatan lil ‘a>lami>n sebagai kasih sayang, tapi menafsirkan “Aku tidak mengutus engkau wahai Muhammad kecuali untuk membawa misi persaudaraan universal”. Hal ini terjadi dikarenakan KH Abdurrahman Wahid mengartikan rahmah dalam ayat tersebut mengikuti kata dasarnya, yakni berasal dari “rahim” ibu, sehingga berimplikasi mempunyai makna persaudaraan. Kedua, berimplikasi kepada masyarakat yang menghargai pluralitas dan mendorong adanya interfaith dialog

Published
May 6, 2021
How to Cite
MUIN, Abd; ISLAMIYAH, Islamiyah; MUTMAINAH, Mutmainah. Persaudaraan Universal Perspektif KH Abdurrahman Wahid dan Implikasiya Terhadap Keberagaman di Indonesia. AL-THIQAH : Jurnal Ilmu Keislaman, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 78-114, may 2021. ISSN 2685-9467. Available at: <http://ejurnal.stiuda.ac.id/index.php/althiqah/article/view/48>. Date accessed: 25 sep. 2021.
Section
Articles