Ayat Multikultural dalam Alqur’an

  • Saifuddin Saifuddin FAI Universitas Islam Majapahit, Indonesia
  • Zainal Arifin STAI Miftahul Ula Nganjuk, Indonesia
  • M. Tohir Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Darussalam Bangkalan, Indonesia

Abstract

Sejarah mencatat betapa seringnya terjadi pertikaian umat manusia dilatarbelakangi ketegangan antar pemeluk agama. Manusia dihadapkan pada sebuah fakta bahwa terdapat agama yang beraneka ragam. Pertikaian antar pemeluk agama, diantaranya, disebabkan karena agama mempunyai konsep yang berlaiv  lnan tentang kehidupan dan keselamatan; masing-masing mengklaim kebenaran absolut hanya datang dari agamanya (truth-claim).


Islam, sesuai dengan nama yang disandangnya, adalah kedamaian. Namun doktrin dan ajarannya sering disalahartikan oleh sebagian penganutnya untuk kepentingan tertentu. Akibatnya, Islam tampil dengan wajah yang kasar serta cenderung tidak bersahabat dengan agama lain. Sudah menjadi keharusan, Islam ditampilkan dengan sikap terbuka dan penuh senyum dengan pihak lain. Umat Islam semestinya terlibat dalam agenda besar kehidupan manusia; yaitu terwujudnya kesatuan masyarakat dalam membangun kesejahteraan hidup bersama dalam bingkai kehidupan bermartabat dan saling menghormati hak individu yang terdiri dari latar belakang agama yang beragam.


Tulisan ini berupaya untuk menyuguhkan seperangkat argument yang berlandaskan ajaran universal Alquran tentang kemanusiaan. Bahwa dalam Alquran terdapat ayat-ayat tentang masyarakat multikultural yang menghendaki kehidupan manusia berjalan dengan  damai, rukun dan sejahtera. Bahwa aneka ragam perbedaan agama adalah kehendak Sang Pencipta yang tidak ditujukan agar manusia berpecah belah, tetapi justru agar manusia dapat hidup berdampingan dan saling menghormati.

Published
May 6, 2021
How to Cite
SAIFUDDIN, Saifuddin; ARIFIN, Zainal; TOHIR, M.. Ayat Multikultural dalam Alqur’an. AL-THIQAH : Jurnal Ilmu Keislaman, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 28-58, may 2021. ISSN 2685-9467. Available at: <http://ejurnal.stiuda.ac.id/index.php/althiqah/article/view/46>. Date accessed: 25 sep. 2021.
Section
Articles