Implementasi Metode Jibril dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Kelas C2 Tahsin Tilawah Lembaga Takhassusul Qur’an Darul Hikmah

  • Mufaizin Mufaizin Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Hikmah Bangkalan, Indonesia
  • Yassir Arafat Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Hikmah Bangkalan, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu penelitian yang didasarkan pada permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran. Dasar penelítian tindakan kelas ini berangkat dari awal peneliti terhadap pembelajaran Al Qur'an dikelas, hasilnya didisikusikan dengan, wali kelas, dan kelompok guru Al Qur'an untuk mendiagnosis keadaan dalam kelas, selanjutnya direncanakan, dan melakukan refleksi secara sistematis dengan berbagai tindakan alternatif untuk mengatasi permasalahan siswa dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan kemampuan membaca Al Qur'an. Sedangkan tujuan penelitian ini dimaksud;pertama untuk mengetahui Untuk mengetahui apakah metode jibril merupakan metode pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an siswa tahsin anak lembaga takhassusul qur’an darul hikmah. Dan kedua untuk mengetahui apakah metode jibril dapat meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an siswa tahsin anak lembaga takhassusul qur’an darul hikmah. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa  (1)Metode jibril merupakan metode pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an siswa tahsin anak lembaga takhassusul qur’an darul hikmah, (2)Metode jibril dapat meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an siswa tahsin anak lembaga takhassusul qur’an darul hikmah.

Published
Apr 17, 2020
How to Cite
MUFAIZIN, Mufaizin; ARAFAT, Yassir. Implementasi Metode Jibril dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Kelas C2 Tahsin Tilawah Lembaga Takhassusul Qur’an Darul Hikmah. Al-Thiqah : Jurnal Ilmu Keislaman, [S.l.], v. 3, n. 01, p. 39-54, apr. 2020. ISSN 2685-9467. Available at: <http://ejurnal.stiuda.ac.id/index.php/althiqah/article/view/26>. Date accessed: 16 apr. 2024.
Section
Articles