Deoband dan Perannya Bagi Muslim India

  • Fatichatus Sa’diyah Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Darussalam Bangkalan, Indonesia

Abstract

Terdapat ada tiga kerajaan besar Islam. Di antaranya adalah Kerajaan `Uthma>ni> di Turki, Kerajaan S{afawi> di Persia (sekarang Iran) dan Kerajaan Mughal di India. Masing-masing dari ketiganya memiliki napak tilas sejarah yang meninggalkan peradaban untuk masing-masing negara. Seperti Kerajaan Mughal. Dalam sejarah, terdapat beberapa peninggalan peradaban dari kerajaan tersebut, di antaranya adalah Madrasah Deoband. Madrasah tersebut memiliki andil yang sangat besar bagi masyarakat India.


Dalam artikel berikut ini, akan dikemukakan latar belakang berdirinya Da>r al `Ulu>m Deoband atau Madrasah Deoband dan kontribusinya bagi masyarakat muslim India untuk mengupas sejauh mana bentuk pembaharuan di India ketika itu yang dapat dibilang masih dini.


Berdasarkan hasil penelitian ini, Da>r al `Ulu>m inilah yang kemudian mengeluarkan ulama-ulama besar India. Melalui ulama-ulama besar itu, Deoband memiliki pengaruh besar terhadap masyarakat Islam India, terutama awamnya. Kedudukan Deoband di India sama dengan kedudukan al-Azhar di Mesir. Bentuk pembaharuan yang dihasilkan oleh Deoband adalah pendidikan hingga dapat mendirikan dan mengembangkan madrasah sebesar dan seterkenal ini.

Published
Apr 17, 2020
How to Cite
SA’DIYAH, Fatichatus. Deoband dan Perannya Bagi Muslim India. AL-THIQAH : Jurnal Ilmu Keislaman, [S.l.], v. 3, n. 01, p. 17-38, apr. 2020. ISSN 2685-9467. Available at: <http://ejurnal.stiuda.ac.id/index.php/althiqah/article/view/25>. Date accessed: 21 oct. 2021.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)